Frequently Asked Questions

 

Jika Anda punya pertanyaan, silakan melihat pada daftar FAQ dibawah, namun jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan menghubungi kami.

Apa yang dimaksud dengan payment gateway?

Payment gateway adalah pihak yang menghubungkan merchant dengan pihak bank/sumber dana. Sehingga merchant dapat menerima pembayaran  melalui kartu kredit, direct payment, uang elektronik, dll.

Siapakah Espay dan PT. Pembayaran Lintas Usaha Sukses?

“Espay” adalah merk platform pembayaran sesuai dengan komitmen kami memberikan solusi layanan pembayaran yang mudah bagi mitra kami.

PT. Pembayaran Lintas Usaha Sukses (PLUS) adalah perusahaan yang terdaftar pada Bank Indonesia dengan ijin sebagai Penyelenggara Payment Gateway sesuai surat dari Bank Indonesia No. 20/374/DKSP/Srt/B Tanggal 15 Oktober 2018. PT PLUS memberikan solusi penerimaan pembayaran yang komprehensif bagi segala lapisan usaha baik korporasi, UKM, retail dan perorangan melalui channel pembayaran yang lengkap mulai dari kartu kredit, bank, outlet, sampai dengan agen tunai. PT PLUS juga memberikan solusi mendistribusian dana (cash out) baik ke rekening bank, maupun tunai, secara otomatis dan terintegrasi.

Siapa saja yang bisa menggunakan payment gateway?

Yang dapat menggunakan payment gateway diantaranya adalah perorangan, institusi maupun korporasi dengan berbagai jenis industri dan model bisnis.

Bagaimana cara bergabung dengan Espay?

1. Memiliki usaha/kegiatan yang tidak bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan dan setuju dengan syarat & ketentuan

2. Isi form PKS (Perjanjian Kerjasama), dan mengumpulkan dokumen legalitas yang dibutuhkan

3. Espay melakukan uji tuntas dan persetujuan

4. Melakukan integrasi API Espay

5. Proses testing melalui sandbox

6. LIVE

Berapa biaya layanan Espay Payment Gateway?

1. Gratis biaya pendaftaran

2. Gratis biaya bulanan

3. Tanpa transaksi minimum

4. Biaya hanya dikenakan per-transaksi berdasarkan volume dan risiko transaksi (kartu kredit mulai dari 2,2% MDR + Rp. 3000,- fixed fee), virtual account mulai dari Rp. 2000,-, dan uang elektronik mulai dari 1,5% MDR

Berapa lama proses mulai pendaftaran hingga live?

Ada dua hal yang harus dilakukan oleh calon merchant:

1. Administrasi & Legalitas    

    – Melengkapi syarat administrasi dan legalitas

    – Espay akan melakukan uji tuntas dan cek kelengkapan dokumen untuk memastikan calon merchant memenuhi persyaratan dan memiliki risiko yang teridentifikasi, kurang lebih memakan waktu 2 sampai 3 hari kerja.

    – Espay dan merchant menandatangai Perjanjian Kerjasama di atas materai

    – Apabila memenuhi persyaratan Espay akan melakukan aktifasi merchant

2. Hal Teknis

   – Merchant melakukan integrasi menggunakan API yang telah tersedia, atau dapat menggunakan plug in

   – Merchant melakukan request sandbox kepada team Espay

   – Melakukan testing API menggunakan sandbox

Apabila proses administrasi dan teknis sudah selesai dilakukan maka payment gateway sudah siap untuk digunakan.

Plug in apa saja yang tersedia di Espay?

Anda dapat melihat melalui link ini.

Apakah Espay sudah bisa mensupport SDK untuk Android/IOS?

Sudah bisa, SDK dapat di download dalam dokumen API.

Apakah Espay sudah mendapat lisensi dari Bank Indonesia?

Espay sudah mendapat lisensi dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran dengan nomor 20/39/DKSP-GP2SP/Srt/B dan dikeluarkan pada tanggal 15 Oktober 2018.

Kapan pembayaran diterima oleh Merchant?

Espay menyediakan dua metode penerimaan dana, yaitu Aggregator dan Direct.

1. Metode Aggregator memungkinkan Merchant untuk menyediakan satu rekening bank untuk menerima pembayaran dari seluruh channel pembayaran yang tersedia. Dana akan terlebih dahulu diterima oleh Espay kemudian setelah dilakukan rekonsiliasi H+3 hari kerja akan di teruskan ke rekening merchant.

2. Metode Direct mewajibkan Merchant untuk membuka rekening bank untuk setiap channel yang dipilih serta mengadakan perjanjian langsung dengan bank pemilik channel. Dana akan langsung dikreditkan oleh bank pemilik channel. Waktu yang diperlukan untuk live lebih lama tergantung dari persetujan bank yang bersangkutan dan juga berdasarkan target minimum transaksi bulanan. 

Ingin tahu bagaimana ESPAY memberikan solusi untuk Anda?

Antisipasi Lonjakan Pemudik Lebaran, ASDP Gandeng Layanan Tiket Berbasis Online

Jakarta – Menjelang libur Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2024, jumlah pemudik yang akan melakukan penyeberangan antarpulau diperkirakan melonjak. Untuk mempermudah pemesanan tiket, PT. ASDP Indonesia Ferry menggandeng Espay, sebuah platform pembayaran. General...

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Launching QRIS Retribusi Parkir

JAKARTA. Dalam upaya meningkatkan efisiensi transaksi pendapatan daerah, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven O.E. Kandouw, meresmikan QRIS Retribusi Parkir dan Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Utara.  Acara yang berlangsung di Hotel Sultan Raja, Amurang,...

3 Cara Memilih Mitra Payment Gateway untuk Bisnis Anda

Berdasarkan data Bank Indonesia, transaksi uang elektronik hingga akhir kuartal III 2020 mencapai Rp144,64 triliun dari 3,38 miliar kali satuan transaksi. Selain itu, BI juga memprediksi bahwa akan ada kenaikan jumlah transaksi yang cukup signifikan di kuartal IV...